Bahagia ada Karena ada Derita


 

"Apa arti percikan lumpur jika sudah berada di dalam kubangan lumpur"

Tuntutan hidup layak, serba berkecukupan sudah aku alami selama belasan tahun. Setiap hari sepanjang tahun, aku berusaha untuk itu. Menyediakan kebutuhan untuk diriku sendiri, anak-anak dan keluarga.

Aku memang tidak seberuntung orang lain yang kelihatan serba mudah dalam mendapatkan apa yang diinginkan. Untuk mendapatkan yang aku butuhkan saja seringkali harus berjuang berhari-hari.

Jika mereka beruntung, apakah aku orang yang sial?

Kemana pelajaran yang aku dapatkan dengan segala kekurangan yang aku alami ini? Perlahan, aku mulai mengerti bahwa ini adalah sebuah skenario khusus untukku.

Apakah tidak menyerah? Menyerah artinya aku hancur bersama segala derita, pedih dan kegagalan. Tidak, banyak cadas keras yang berhasil aku lewati selama perjalanan. Tidak layak bagiku untuk berhenti, menyerah dan hancur.

Siapa yang mendapatkan keuntungan dari penderitaan ini? Kami sekeluarga yang mendapatkannya. Betapa besar jasa penderitaan ini dalam menempa sikap kami dalam menghadapi hidup. Anak-anak terbiasa dengan kekurangan hingga akan dapat menyesuaikan dengan kondisi pahit yang mungkin akan dijumpai di jalan ke depannya. 

Betapa istriku terhindar dari sifat sombong, yang memang karakteristik itu sudah ada pada setiap manusia jika mereka mempunyai kelebihan. Ia tidak bisa memamerkan tas mahal, liburan mewah, menyuruh orang lain (pembantu) dengan seenaknya, tidak mau mengalah dengan pendapatnya. Kenapa, karena tak punya itu semua. 

Apa yang menimpaku jika tidak mendapatkan penderitaan ini? Setiap hari mungkin tidak ada waktu untuk bersama anak-anak. Aku mungkin sibuk dengan segala rutinitas untuk menghindar dari penderitaan. Saat itu adalah penderitaan yang sebenarnya.

Sementara waktu memang seperti tenggelam di kubangan lumpur. Malu, jijik, merasa tidak bisa menyentuh orang lain. Tetapi, apa yang membuat mereka tertarik dengan mandi lumpur? Sementara kami hidup di dalam lumpur.

Ya mereka ingin merasakan berada di lumpur karena terlalu lama di udara kering bisa merusak kulit misalnya, atau mereka memandang masuk ke dalam lumpur adalah sebuah cara untuk bahagia. Banyak permainan unik yang bisa dimainkan di dalam kubangan lumpur.

Ya... Apa arti percikan lumpur jika sudah berada di dalam kubangan lumpur?


Komentar