Slogan atau Tindakan

 


Masih tentang Ibu

Mensana in corpore sano, itu adalah slogan yang tertulis di belakang kaos olah raga sewaktu aku duduk di kelas 3 SD. Tulisan itu melingkari gambar seseorang yang sedang berlari. Paling tidak itu yang aku lihat di punggung teman-teman ketika berbaris di depan halaman sekolah untuk melakukan olah raga. Tidak dengan kaos olah raga yang aku kenakan.

Kaos olahragaku polos tak bergambar di belakangnya, hanya tulisan nama SD yang melintang di bagian depan.

Aku protes kepada ibu tentang keterlambatan pembayaran kaos sehingga menurutku itu yang menyebabkan kaosku tak bergambar di belakangnya.

Setelah melihat kaos temanku, ibuku tersenyum dan bertanya apa arti tulisan di gambar itu? 

Aku menjawab tidak tahu. Ibu kemudian mengatakan sama tidak tahu arti tulisan itu. Menurutnya tidak ada tulisannya, yang pentingkan kaosnya bisa untuk olah raga. Lebih penting kaosnya kan dari pada tulisannya?

Aku mengangguk setuju, tidak perlu banyak slogan yang penting tindakannya.

Komentar